Rabu, 13 April 2016

Media Online (Perubahan Lingkungan Hidup Manusia)

Nama : Arryo                  
Kelas : 6MIK1
NIM    : 14130271
Perubahan Lingkungan Hidup Manusia
    Tuhan mempercayakan planet bumi kepada manusia dengan menciptakan langit dan bumi beserta isi nya guna manusia dapat menetap dan melestarikan ciptaan-Nya. Manusia menetap di bumi dan membentuk lingkungan baru dari zaman ke zaman menuju suatu perubahan lingkungan yang semakin baru dan maju.
Semaking maju peradaban manusia tentu saja semakin banyak pemikiran yang melenceng dari manusia sendiri, terutama dengan masalah akan pelestarian untuk kelangsungan bumi, seperti di lingkungan tinggal manusia sendiri. Seperti yang diketahui,  lingkungan meruapakan tempat tinggal semua makhluk hidup di muka bumi, termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan yang seharusnya harus manusia jaga kelestariannya. Lingkungan sangat penting dan berpengaruh besar terhadap kelangsungan hidup bagi makhluk hidup di bumi.
Dewasa ini, bumi terutama masalah lingkungan hidup benar-benar mengalami perubahan dan kerusakan yang parah dari tahun ke tahun. Kesalahan tersebut semua berasal dari perbuataan manusia dengan pemikiran yang semakin individualis dan tidak memetingkan lingkungan di sekitarnya.
Dengan mengambil negara Indonesia sebagai bahan untuk ditinjau menyangkut masalah lingkungan. Seiring berkembangnya zaman ditunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat. Indonesia sudah menjadi sebuah negeri yang kurang nyaman untuk ditempati, terutama di ibu kota negara Indonesia, yakni Jakarta, yang terkenal dengan berbagai bencana yang disebabkan oleh ulah manusia sendiri.
Kesalahan fatal pertama, masyarakat kurang peduli dan pembelajaran tentang masalah sampah. Penyebab banjir di ibukota setiap tahun dikarenakan masyarakat masih membuang sampah sembarangan di kali sehingga terjadi penyumbatan air hujan yang tidak bisa mengalir kemudian tergenang dan banjir.

Warga membuang sampah sembarangan
Kesalahan fatal kedua, penebangan pohon secara liar tanpa adanya reboisasi. Hutan yang gundul membuat air tidak bisa diserap oleh pohon dan tingkat karbondioksida (CO2) meningkat. Penipisan lapisan ozon dan Global Warming menjadi tidak dapat terhindari, yang menyebabkan bumi semakin panas.

Hutan yang gundul

Ulah manusia tersebut berakibat fatal yang akan merugikan anak cucu di kemudian hari. Oleh sebab itu, agar lingkungan dapat terjaga kembali. Dari diri kita sendiri harus terlebih dahulu sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan, go green, car free day, dll. Dengan demikian, kita dapat mengajarkan kepada orang disekitar untuk sadar akan lingkungan hidup di bumi sekarang ini. Satu orang sangat berpengaruh dan membantu dalam melestarikan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar